Profit Bisnis Kuliner Berawal Dari Foodcost

Setiap restoran bisa mendapatkan keuntungan dari biaya makanan atau food cost yang tepat. Food cost adalah salah satu elemen terpenting untuk membuat restoran Anda lebih menguntungkan. Menghitung biaya ini memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh atas berapa banyak yang Anda habiskan untuk makanan dan memungkinkan Anda untuk memberi harga pada setiap porsi saji Anda untuk keuntungan maksimal, dan juga nilai terbaik bagi pelanggan Anda.

Biasanya, food cost harus mencapai sekitar 1/3 dari biaya restoran. Food cost beserta biaya tenaga kerja dan biaya overhead harus mencakup lebih dari 2/3 dari total biaya. Selebihnya itulah keuntungan yang akan dihasilkan restoran. Karena food cost merupakan salah satu biaya restoran yang dominan, memahaminya dipandang sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan profitabilitas restoran yang perlu menghasilkan lebih banyak keuntungan untuk bertahan dalam bisnis.

Ada beberapa cara untuk menganalisis dan mengoptimalkan food cost Anda. Pertama, Anda dapat melakukannya secara manual, dengan menganalisis secara menyeluruh food cost Anda selama jangka waktu tertentu, biasanya dalam periode beberapa minggu atau satu bulan. Statistik Anda kemudian harus dianalisis terhadap biaya rata-rata makanan industri restoran untuk mencoba dan menentukan area biaya dimana restoran Anda dapat meningkat. Ingat bahwa semua minuman juga harus disertakan dalam analisis food cost Anda. Dari sana, Anda harus memiliki laporan rinci tentang semua pembelian makanan yang dilakukan di restoran Anda selama periode pelaporan. Anda kemudian dapat membandingkannya dengan biaya persediaan makanan Anda untuk periode yang sama. Anda bisa menghitung total food cost Anda dan dapat melakukan penyesuaian untuk persediaan dan food cost. Untuk analisis yang lebih akurat lagi, cobalah untuk melakukan periode pelaporan Anda dalam jangka waktu yang lebih lama. Ini akan memungkinkan Anda mengurangi biaya dan memaksimalkan persediaan dan keuntungan secara keseluruhan.
Cara lain untuk menghitung dan mengoptimalkan food cost adalah dengan menggunakan software. Ada sistem penetapan food cost, serta paket inventaris restoran dan perangkat lunak skala penuh yang mencakup analisis dan pelaporan food cost yang ekstensif. Laporan dan perhitungan secara otomatis dilakukan untuk Anda sebagai persediaan dan penjualan dihitung. Inilah yang akan Restoku berikan untuk Anda.

Setelah Anda menganalisis biaya dan inventaris makanan Anda, baik secara manual atau melalui Restoku Apps, Anda dapat melakukan penyesuaian terhadap bisnis Anda, termasuk menstandardisasi resep Anda, mengevaluasi pembelian Anda, meminimalkan pembusukan dan mengambil langkah untuk menyederhanakan keseluruhan persediaan dan penjualan Anda.

Intinya adalah bahwa food cost yang tepat dan terperinci untuk restoran Anda berarti peningkatan keuntungan dan kesuksesan restoran. Restoku Apps akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda dalam menentukan food cost dan mendapatkan keuntungan dari bisnis restoran Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.