Posted on Leave a comment

Turn Over Karyawan Restoran Sangat Tinggi

Turn Over karyawan atau pergantian karyawan di sebuah bisnis restoran ataupun bisnis yang lain sebenarnya sangat sehat, apalagi jika karywan yang mengundurkan diri adalah karyawan yang kurang produktif atau kurang sesuai dengan visi misi perusahaan. Namun ini akan sangat berbeda jika karyawan yang sangat potensial mengundurkan diri. Pemilik usaha harus bisa mengeksplorasi apa penyebab turn over karyawan yang tinggi dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada bisnis restoran, turn over yang tinggi bisa sangat fatal apalagi jika ini menyangkut posisi-posisi kunci seperti koki dan kasir. Cara mengatasi fenomena ini ada banyak langkah, dimulai dari saat pertama yaitu menentukan desjob saat membuka lowongan hingga memperhatikan suara karyawan.
Beberapa ahli menyarankan hal-hal berikut ini untuk mengurangi turn over karyawan :

1. Rekrut kandidat yang tepat dari awal
Hal ini dipercaya oleh para ahli rekrutmen sebagai cara yang ampuh untuk mengurangi tingginya turnover. Wawancara kandidat dan karyawan yang tersisa dan pastikan bahwa mereka memiliki kemampuan yang kita butuhkan. Mereka juga harus sejalan dengan budaya perusahaan, manajer dan rekan kerja.

2. Perhatikan kebutuhan karyawan, dengarkan suaranya dan penuhi hak nya. Selalu berkomunikasi dengan karyawan dan mendengarkan feedback dari mereka akan mningkatkan rasa memiliki dan keterlibatan karyawan. Ini akan sangat mengurangi angka turn over.

3. Manajer sering memperhatikan betapa pentingnya lingkungan kerja yang positif bagi staff dan seberapa berartinya pengakuan dan pujian dari manajer bagi karyawan agar mereka tetap bersemangat. Penghargaan, pengakuan dan pujian bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga anak buah tetap produktif dan loyal.

Dalam bisnis restoran, akan ada tahap dimana bisnis harus melakukan laverage. Pembukaan cabang akan membutuhkan pertambahan karyawan, disini pemilik bisnis harus benar-benar memperhatikan tentang retention dan turn over karyawan. Mempertahankan tenaga-tenaga ahli dan profesional akan memudahkan dalam melakukan duplikasi bisnis ke cabang-cabang yang baru dibuka.

Bagi Anda yang telah menjalankan bisnis restoran, mungkin saat ini sedang menghadapi masalah seputar pergantian karyawan ini. Applikasi Restoku memiliki fitur yang sangat efektif untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah ini. Dimulai dari petunjuk untuk menentukan desjob dan kualifikasi karyawan hingga menilai kinerja dan seleksi karyawan setelah masa percobaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.