Bukan Penglaris, Ini 5 Alasan Mengapa Restoran Sebelah Lebih Laris daripada Resto Milikmu.

  • by

Pernah nggak sih membandingkan restoran atau warung makan di sebelah kita lebih ramai daripada punya kita. Padahal jualannya sama. Kualitas makanan serta rasa juga nggak kalah bersaing. Apa mereka pakai penglaris ya, kayak yang di film-film?


Jangan curiga dulu, kita lihat dari segi pelanggan ya. Mungkin mereka punya lima hal menarik, yang membuat restoran mereka lebih ramai. Berikut beberapa diantaranya; 

1. Sosial Media

Sosial media menjadi hal yang selalu dibuka banyak orang pada saat ini. Di sosial media, kita bisa membagikan berbagai informasi, termasuk kuliner yang kita jual ke masyarakat luas. Nah, sudah saatnya nih, warung makan kita memiliki sosial media yang lebih profesional dengan nama bisnis sendiri agar para pelanggan mudah menemukannya. Kita bisa membuat akun sederhana, seperti Facebook dan Instagram untuk warung makan kita. Tidak hanya itu, foto-foto di akun sosial media kita, hendaknya dibuat menarik, agar orang-orang mau mampir dan mencoba makanan kita. 

2. Promosi yang Menarik

Apa yang membuat pelanggan tertarik untuk datang ke restomu? Promosi yang menarik tentunya. 

Promosi ini tidak hanya berhenti dengan mengelola sosial media, namun juga dengan program-program menarik, misalnya ada menu khusus hari ini, beli 1 gratis 1, atau diskon 10%. Program promosi ini, ada kalanya, disusun setiap bulan, agar pelanggan kembali datang ke restoran kita. Untuk mengoptimalkannya, kita bisa membagikan promo ini di sosial media bisnis kita, maupun status whatsapp.

3. Kecepatan Layanan

Promo sudah menarik, pelanggan juga sudah banyak yang hadir, saatnya mengurus pesanan kita. Kita bandingkan juga nih dengan warung sebelah, sudahkah kita menyajikannya dengan cepat sesuai ekspektasi pelanggan? Nah, saatnya kita perbaiki warung makan kita dari segi persiapan memasak dan layanan, agar pelanggan selalu kembali.

4. Kebersihan dan Kenyamanan Tempat

Untuk warung makan yang menyediakan layanan makan di tempat, kebersihan dan kenyamanan tempat menjadi penting. Pencahayaan di warung, pengaturan tempat duduk dan meja makan, serta letak meja layanan harus diperhatikan agar pelanggan nyaman duduk dan menikmati makanan. Bagi Anda yang memiliki resto dengan ruang lebih, saatnya untuk menambah dekorasi menarik, seperti mural atau spot foto yang dapat digunakan pelanggan untuk berfoto. Secara tidak langsung, mereka akan membagikan foto ke sosial media mereka, dan akhirnya kita mendapatkan layanan marketing gratis dari mereka.

5. Teknologi yang Dimanfaatkan

Percaya atau tidak, teknologi juga menjadikan restoranmu dapat lebih laris. Adanya berbagai layanan dari ojek online seperti GoFood atau GrabFood, dapat meningkatkan penjualanmu, yang nantinya langsung dinikmati oleh pelanggan. Maksimalkan GoFood dan GrabFood untuk restomu, dan jangan lupa berikan promo menarik. 

Selain GoFood dan GrabFood, kita juga dapat memaksimalkan aplikasi kasir untuk resto dan warung makan. Restoku salah satunya, hadir untuk membantu pemilik bisnis restoran dan warung makan dalam hal pencatatan keuangan. 

Aplikasi Restoku sudah ada di Google Play loh. Sudah coba?

Hal-hal tersebut dapat dilakukan secara sederhana. Sudahkah Anda memilikinya?