Cloud Kitchen: Peluang Usaha Kuliner Rumahan di Masa Pandemi

Di masa pademi Covid-19 seperti ini, kita dituntut untuk bisa beradaptasi di tengah kondisi yang sulit. Banyak keterbatasan dialami untuk dapat melakukan usaha kuliner, apalagi dengan adanya pembatasan aktivitas di masyarakat untuk melakukan dine-in di restoran atau warung makan. Tapi meskipun di tengah keterbatasan seperti saat ini ada konsep usaha kuliner yang justru sedang naik daun, yaitu dengan Cloud Kitchen.

Cloud Kitchen merupakan model bisnis kuliner yang hanya menerima pesanan melalui media virtual dengan konsep delivery, seperti aplikasi ojek online, telefon, atau website. Dengan sistem ini, pemilik usaha kuliner dapat menghemat biaya operasional dan juga memiliki berbagai kemudahan lain karena konsepnya yang sederhana. Berikut beberapa keuntungan lain dari usaha kuliner dengan sistem Cloud Kitchen:

1. Hemat Biaya Operasional

Karena tidak memerlukan biaya sewa tempat, sistem Cloud Kitchen ini memangkas biaya operasional yang cukup tinggi yaitu terkait dengan tempat usaha. Selain itu karena sistemnya tidak menyediakan dine-in, maka usaha kuliner dengan konsep Cloud Kitchen ini hanya memerlukan karyawan yang sedikit dapat juga mengurangi biaya operasional.

2. Kebersihan Lebih Terjamin

Untuk pemula, usaha kuliner berbasis Cloud Kitchen ini bisa dimulai dari usaha rumahan yang  lokasi produksinya di dapur rumah milik sendiri. Maka dari itu kebersihan dapurnya lebih terjamin sehingga kualitas makanan juga tetap terjaga.

3. Memiliki Data Pelanggan

Karena seluruh data pesanan dan penjualan langsung tercatat dengan baik maka pengusaha kuliner mendapat keuntungan untuk memanfaatkan data tersebut secara langsung. Data pelanggan dapat digunakan untuk menganalisis, memprediksi penjualan, dan memahami target pasar dengan lebih baik, serta menentukan strategi promosi seperti apa yang akan dipakai.

4. Kemudahan Delivery Order ke Pelanggan

Sistem Cloud Kitchen di masa sekarang ini sudah dimudahkan dengan adanya aplikasi pemesanan online, sehingga pemilik usaha kuliner terbantu dari sisi penjualan. Cukup dengan mendaftarkan usaha kuliner kita menjadi merchant di beberapa aplikasi pesan makan online, kemudian orderan akan datang dan pengantarannya sudah otomatis.

Dari beberapa keuntungan di atas pasti sudah memberikan gambaran untuk memulai usaha kuliner, kan. Nah, tunggu apalagi, segera realisasikan ide bisnis kulinermu di mulai dari rumah dengan sistem Cloud Kitchen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.