Pemilik Warung Makan dan Resto Wajib Memiliki Ini Untuk Bisnisnya

  • by

Beberapa cara sudah kita lakukan untuk meningkatkan penjualan makanan di warung dan restoran kita. Tahukah Anda ada beberapa hal yang pemilik restoran dan warung makan harus punya untuk bisnisnya?

Tidak perlu mahal, hanya dengan bantuan digital, Anda bisa memanfaatkannya.

1 . Instagram

Instagram adalah aplikasi populer yang digunakan banyak orang untuk berbagi informasi, foto, dan video. Untuk warung makan, Anda harus menggunakan akun bisnis, yang dikelola secara profesional agar pelanggan yakin dengan layanan Anda.

Mengelola akun instagram bisnis cukup mudah. Caranya, Anda hanya tinggal memigrasikan akun personal instagram Anda menjadi akun bisnis. Jangan lupa ya, akun personal dan bisnis dipisah. Kemudian di hubungkan dengan Facebook Page Anda, dan diisi dengan konten profesional yang menarik.

Untuk foto-foto yang menarik, Anda bisa mengunggah foto menu makanan, suasana ruangan resto, dan promo-promo yang Anda berikan. Unggahlah konten Anda setidaknya dua hari sekali, agar pelanggan tahu hal baru apa yang ada di warung makan dan restoran Anda.

2 . Google Bisnisku

Google bisnisku merupakan aplikasi dari Google yang memungkinkan para pemilik bisnis mendaftarkan bisnisnya di mesin pencarian Google. Aplikasi ini dapat memunculkan restoran atau warung makan Anda di Google Maps, yang nantinya bisa dicari semua orang.

Untuk mendapatkannya, Anda hanya cukup memiliki akun Google dan mengunduh aplikasi Google Bisnisku. Selanjutnya isi informasi bisnis Anda secara detail, dan jangan lupa berikan foto-foto restoran Anda biar menarik. Anda juga dapat memanfaatkan situs gratis dengan business.site, yang terintegrasi di Google Bisnisku.

Setelah Google Bisnisku Anda lengkap, Anda bisa membagikan informasi link bsinis Anda ke teman-teman Anda, dan meminta review kepada para pelanggan yang telah mampir ketempat Anda.

3. Aplikasi Merchant Ojek Online

Bisnis akan menjadi lebih ramai jika menggunakan aplikasi merchant ojek online. Anda dapat memanfaatkan GoBiz untuk Gojek, atau Grab Merchant untuk Grab. Cara mendaftarkannya cukup download aplikasi mereka, kemudian klik daftar merchant dan isi aplikasinya. Selanjutnya, tim mereka akan datang ke Resto Anda.

Mungkin, permohonan merchant ojek online baru akan lama. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa mengulang permohonan apabila tim dari mereka tak kunjung hadir.

4. Aplikasi EDC & QR Payment

Banyaknya aplikasi dompet digital, membuat pelanggan sering tidak membawa uang tunai. Anda dapat memanfaatkan QR Payment. Beberapa QR Payment populer seperti Shopee Pay, OVO, GoPay, LinkAja dan DANA bisa menjadi alternatif Anda untuk pembayaran. Selain itu, Anda juga dapat diuntungkan dengan berbagai promo mereka seperti cashback dan diskon, yang ditanggung oleh pengelola QR Payment.

Apabila Anda tidak mau ribet dengan banyaknya QR Payment itu, Anda dapat mengajukan QR Payment ke Bank, seperti BCA dan CIMB Niaga. Nanti Anda akan dipinjami mesin kartu (EDC) yang kemudian dapat menerbitkan QR Payment atau pembayaran dengan kartu. 

5. Aplikasi Pengelola Warung – Restoku.ID

Untuk mengelola berbagai macam kebutuhan warung dan pembayarannya, Anda dapat menggunakan RESTOKU.ID, aplikasi kasir untuk warung makan dan restoran, yang sudah memiliki berbagai fitur termasuk inventory hingga rekap penjualan harian. 

Anda bisa mendownload aplikasi ini di Google Playstore dan mencobanya.

Di warung makan atau restomu sudah memiliki yang mana nih? Semoga dapat membantu kemajuan restomu.